Pameran Poster Film Lawas Sebagai Ajang Nostalgia dan Lahan Referensi

FOTO PAMERAN 4
PAMERAN POSTER FILM LAWAS | MLG CAFE FRANCHISE & CONSULTANT

Pameran Poster Film Lawas Sebagai Ajang Nostalgia dan Lahan Referensi

Sebuah event yang akan membawa kita ke era masa lalu, era dimana dunia perfilm-an Indonesia mempunyai banyak primadona film yang meramaikan bioskop-bioskop tanah air. Ajang nostalgia ini dihadirkan lewat poster-poster film yang beredar di kisaran tahun 1960-1980-an.

*/ Pameran Poster Film Lawas ini diadakan di MLG Cafe Malang .Kurang lebih sekitar 250 poster film lawas dikumpulkan oleh MLG Management selaku pihak penyelenggara.

Adalah Bapak Ade Maulana, pria berumur 57 tahun ini mengunjungi Pameran Poster Film Lawas, Minggu (20/3) kemarin, mengaku sangat menikmati pameran tersebut. Pak Ade menceritakan bahwa dirinya memang seorang pecinta film sejak remaja. Dengan mengunjungi pameran ini dia merasa bernostalgia, seakan membuka kenangan lama sewaktu melihat poster-poster film yang dipamerkan.

“Dulu, sekitar tahun 70-an, ada beberapa Film Indonesia yang populer seperti ‘Badai Pasti Berlalu’, ‘Ratapan Anak Tiri’, ‘Kembang Semusim’, dan di sini ada poster-posternya. Jadi, ingat-ingat waktu nonton sama teman-teman dulu,” tutur Pak Ade.

Pameran Poster Film Lawas ini tidak hanya sebagai ajang nostalgia saja, melainkan juga menjadi sebuah lahan referensi dan pengetahuan tentang film. Setidaknya itu pendapat dari Siti Nur Yunanik, salah satu pengunjung pameran yang juga pecinta film. Wanita yang akrab disapa Una mengaku dirinya sangat antusias menikmati pameran meski ia mengaku sebagian besar poster film yang ditampilkan adalah film yang beredar pada masa ia belum lahir. Una mengatakan bahwa pameran ini telah menambah referensi pengetahuan filmnya lebih banyak lagi.

“Saya sangat suka nonton film. Melihat pameran ini, saya sedikitnya lebih mengerti mengenai ciri khas film pada era 60 -90-an yang menurut saya sangat menarik,” ungkap Una di sela waktu pameran.

Dari perwakilan pihak penyelanggara, Lutfi Prasetya, Project Officer dari MLG Cafe Malang, mengaku jika salah satu tujuan diadakannya Pameran Poster Film Lawas ini adalah untuk membangkitkan kembali kenangan masa lalu serta mengetahui perkembangan-perkembangan film di Indonesia. Event ini juga salah satu wujud dari kepedulian terhadap perkembangan film Indonesia, terlebih waktu pelaksanaan pameran ini pada bulan Film Nasional tepatnya tanggal 30 Maret.

Lutfi juga mengungkapkan jika sebagian besar poster-poster yang dipamerkan dikumpulkan oleh team dari bioskop-bioskop lawas di Malang Raya. Bahkan ada juga yang di dapat langsung dari bioskop Amerika.

Seperti beberapa poster film lawas Indonesia dengan judul, “Jaka Tuak” dengan aktor Barry Prima, “Ratapan Anak Miskin” yang dibintangi oleh Rano Karo, “Bukan Impian Semata” dengan Deddy Mizwar sebagai peran utama. Atau poster film lawas luar negeri dengan judul “Gone With Th Wind”, “Born to Battle”, “Boardway,” juga ditampilkan di pameran ini.

Peminat pameran poster film lawas ini kebanyakan datang dari kalangan dengan usia 30 tahun ke atas. Hal ini membuktikan bahwa cukup banyak dari warga di Kota Malang yang masih merindukan ataupun ingin mengenang kembali film-film yang berjaya di era 60 sampai 80-an.

SUMBER : Harian Malang Post, http://www.malang-post.com/kota-malang/kenang-film-era-1960-an-lewat-poster-film-lawas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s