Fakta Kopi

  • Kopi Arabika merupakan jenis biji kopi yang paling banyak di konsumsi  di seluruh dunia yaitu sekitar 69,5%, sementara 30% adalah biji kopi jenis Kopi Robusta dan 0,5% kopi sisanya adalah berbagai jenis biji kopi lainnya seperti Jenis Kopi Liberika / jenis Kopi Kona.
  • Kopi merupakan komoditas kedua yang paling banyak diperdagangkan dibumi setelah bumi.
  • Kata kopi berasal dari bahasa Arab yg dibacanya qahwa, penyingkatan dari qahhwat al-bun yang berarti ‘wine of the bean’.
  • Buah kopi mulanya dimanfaatkan oleh sebuah suku di daratan Afrika Timur sebagai makanan penambah energi.
  • Kopi dimanfaatkan sebagai jenis minuman oleh bangsa Arab, karena ajaran dalam agama Islam yang melarang mengkonsumsi alkohol. Dan kemudian, kopi disebarkan oleh penduduk bangsa Arab sebagai komoditas perdagangan unggulan seiring dengan penyebaran agama Islam.
  • Tempat pembudidayaan biji kopi terbaik berada di Bean Belt, yaitu terletak di daerah antara garis balik utara (Tropic of Cancer) dan garis balik selatan (Tropic of Capricorn).
  • Indonesia merupakan negara no. 3 terbesar di dunia sebagai negara penghasil biji kopi & produsen kopi.
  • Tanaman kopi sebenarnya bisa tumbuh sampai setinggi 10 meter, tapi di perkebunan kopi, tanaman kopi umumnya dibuat utk tumbuh sampai maksimal 3 meter saja. Alasannya agar mudah dipetik buahnya.
  • Buah kopi dipetik dan diolah sampai yang tersisa hanya bijinya saja, kemudian biji kopi tersebut dikeringkan hingga kadar air yang tersisa tinggal 4-9%. Selanjutnya biji kopi yang masih berwarna hijau muda ini dipanggang pada suhu 250 – 265 derajat Celcius sampai berubah menjadi berwarna coklat pekat. Dan biji yang sudah dipanggang dan kemudian dihaluskan ini yang bisa diolah jadi minuman kopi.
  • Kota Malang di Jawa Timur, merupakan penghasil biji kopi jenis Robusta dan Arabika. Sebagian hasil biji kopi di eksport ke luar negeri.
  • Untuk penyimpanan jangka panjang (sekitar 1 tahun), ada baiknya menyimpan biji kopi dalam keadaan masih mentah (green bean), hal tersebut untuk menjaga kualitas dari cita rasa dan aroma minuman kopi.

proses-biji-kopi-850x286Picture : Buah Kopi dikupas yang sudah matang berwarna merah & dikeringkan menjadi Biji Kopi Mentah (Green Bean), kemudian dipanggang menjadi biji kopi (coffee bean) siap saji.

4 thoughts on “Fakta Kopi

  1. Wiih lengkap banget ya artikel kopinya. Saya juga coffee addict. Setiap hari harus ngopi di rumah.Kalau nggak ngopi sehari jadi pusing.Kalau dapat hadiah vocher MAP baru saya ngopi di starbuck.Hihi…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s